Kamis, 21 Maret 2013

Sotong dan cum i-cumi

Sotong dan cumi-cumi adalah kelompok hewan cephalopoda besar atau jenis moluska yang hidup di laut.[1] Nama itu Cephalopoda dalam bahasa Yunani berarti "kaki kepala", hal ini karena kakinya yang terpisah menjadi sejumlah tangan yang melingkari kepala.[2] Seperti semua cephalopoda, sotong cumi-cumi dipisahkan dengan memiliki kepala yang berbeda.
sotong



telur sotong


Sotong atau "ikan" nus adalah binatang yang hidup di perairan, khususnya sungai maupun laut atau danau. Hewan ini dapat ditemukan di hampir semua perairan yang berukuran besar baik air tawar, air payau, maupun air asin pada kedalaman bervariasi, dari dekat permukaan hingga beberapa ribu meter di bawah permukaan. Sotong juga merupakan makanan sejenis seafood.

telur sotong

Sotong berasal dari Ordo Sepiida. Nama kerennya adalah Cutlefish. Ia memiliki tubuh yang pipih dan dan memiliki cangkang yang keras. Salah satu ciri khasnya adalah memiliki cuttlebone yaitu semacan tulang melebar yang membantu memberikan bantuan buat sotong untuk melayang. Namun Sotong cenderung untuk dekat dengan dasar laut. Pupil mata Sotong berbentuk W

cumi-cumi

Sotong sering kali disalahtafsirkan sebagai cumi-cumi. Keduanya berbeda karena sotong bertubuh pipih, sementara cumi-cumi lebih berbentuk silinder. Selain itu, cangkang dalam sotong tersusun dari kapur yang keras, sedangkan pada cumi-cumi lunak.
Telur cumi-cumi

Cumi-cumi berasal dari OrdoTeuthida. Beda dari Sotong, tubuhnya membulat dan mempunyai semacam cuping di kiri kanan badannya. Nama kerennya adalah Squid. Cumi-cumi merupakan perenang kuat, beda dengan sotong yang cenderung di dasar perairan. Cumi-cumi memiliki lensa mata yang keras.


sumber 
http://id.wikipedia.org/wiki
http://indonesiaindonesia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified