Minggu, 17 Maret 2013

Metamorfosis

Metamorfosis adalah suatu proses perkembangan biologi pada hewan yang melibatkan perubahan penampilan fisik dan/atau struktur setelah kelahiran atau penetasan.

 Metamorfosis biasanya terjadi pada fase berbeda-beda, dimulai dari larva atau nimfa, kadang-kadang melewati fase pupa, dan berakhir sebagai imago dewasa. Ada dua macam metamorfosis utama pada serangga, hemimetabola dan holometabola.
 
Fase spesies yang belum dewasa pada metamorfosis biasanya disebut larva/nimfa. Tapi pada metamorfosis kompleks pada kebanyakan spesies serangga, hanya fase pertama yang disebut larva/nimfa. Pada hemimetabolisme, perkembangan nimfa berlangsung pada fase pertumbuhan berulang dan ekdisis (pergantian kulit), fase ini disebut instar. Hemimetabola juga dikenal dengan metamorfosis tidak sempurna.

Pada holometabola, larva sangat berbeda dengan dewasanya. Serangga yang melakukan holometabola melalui fase larva, kemudian memasuki fase tidak aktif yang disebut pupa, atau chrysalis, dan akhirnya menjadi dewasa (imago). Holometabola juga dikenal dengan metamorfosis sempurna.


Metamorfosis belalang



 Metamorfosis kupu-kupu





Kecoa




Nyamuk



Capung





Siklus hidup capung, dari telur hingga mati setelah dewasa, bervariasi antara enam bulan hingga maksimal enam atau tujuh tahun. Capung meletakkan telurnya pada tetumbuhan yang berada di air. Ada jenis yang senang dengan air menggenang, namun ada pula jenis yang senang menaruh telurnya di air yang agak deras. Setelah menetas, tempayak (larva) capung hidup dan berkembang di dasar perairan, mengalami metamorfosis menjadi nimfa, dan akhirnya keluar dari air sebagai capung dewasa.



Lalat
 



Semut




Ubur-ubur

 

Ubur-ubur merupakan jenis Coelenterata yang hidup di air laut dan hidup secara berkoloni. Tubuhnya mempunyai rangka luar yang mengandung kitin. Hidupnya sebagai koloni polip, yaitu polip hidrant yang berfungsi untuk makan dan polip gonangium yang berfungsi membentuk medusa dan dapat menghasilkan alat reproduksi.


 
Sumber :
 http://id.wikipedia.org/wiki/Metamorfosis
http://uripdarianto.blogspot.com/2011/08/metamorfosis-katak.html
drzpost.com
 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgY-oBwnw3d84Yw_-SpX_Xp7OK5LOMWsHFUkKh6QZfbg_GkEN3Fm9Dwt8WvwTXzPn114YcKZaEgUGLxdtM5Q8PgYwXZWBFOa2ArJGI9exAha9lchTKG2KM9rGEw-kna4iZAZp_lktgEUXOd/
 http://dc271.4shared.com/doc/1MR7WuZa/preview_html_3ff5594c.png
 yosintadevi.wordpress.com
 biologigonz.blogspot.com
 iwandahnial.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified