Jumat, 28 Desember 2012

Manfaat Lintah

 Lintah, hanya dengan mendengar namanya saja bisa membuat banyak orang merinding. Lintah ini dianggap sebagai hewan yang menjijikkan, mungkin karena warnanya yang gelap dan menyeramkan.

Lintah adalah hewan yang tergabung dalam filum Annelida dengan sub kelas Hirudinea, lintah dapat hidup di darat, air tawar dan air asin. Lintah atau pacet adalah hewan hermaprodit atau berkelamin ganda seperti halnya dengan cacing.Lintah banyak dihindari orang, karena hewan ini punya kebiasaan menghisap darah, entah itu hewan lain atau manusia sekalipun. Lintah banyak hidup di persawahan dan takungan air. Oleh karena itu Anda harus berhati-hati ketika berada pada genangan air, rawa atau sungai. Jika lintah sudah menghisap darah Anda, maka ia tidak akan lepas walau Anda berusaha mencabutnya sekuat tenaga. Lintah akan melepaskan diri ketika ia sudah merasa puas menghisap darah korbannya, ketika tubuhnya menggelembung penuh dengan darah mangsanya. Jika lintah menghisap darah Anda, jangan ditarik. Hewan ini walau badannya putus, ia tidak akan mati. Potongan tubuh yang terputus akan menjadi lintah baru. Jadi yang harus Anda lakukan adalah cepat mengambil abu rokok atau alkohol lalu taburkan. Dengan menaburkan abu rokok atau alkohol, maka si lintah akan mati.

Cacing memiliki banyak manfaat begitupun juga dengan lintah. Lintah sangat bermanfaat untuk manusia terutama lintah itu dimanfaatkan untuk kesehatan manusia. Semua spesies lintah tergolong dalam golongan hewan carnifora atau hewan pemakan daging. Meski binatang penghisap darah ini sering dibenci oleh manusia akan tetapi hewan bernama lintah itu sangat bermanfaat sekali untuk manusia. Salah satu manfaat lintah adalah, pada tubuh hewan lintah mengandung antikoagulan atau anti pembekuan darah dan lintah juga mengandung zat-zat lain seperti penisilin, anti radang dan anestesi untuk pembiusan.
 
Lintah yang hidup dapat mengobati gatal-gatal dan kudis-kudis yang sukar sembuh dengan menghisap bagian tubuh yang sakit. Nyeri sendi juga bisa diatasi dengan menggunakan lintah. Nyeri akibat radang sendi pada lutut yang kadang membuat si penderita kesulitan bergerak, dapat diatasi dengan mengambil manfaat lintah dalam kemampuannya menghasilkan zat yang menyerupai morfin, pereda nyeri paling ampuh.

Selain itu, lintah juga rupanya mampu menghasilkan zat antikoagulan. Sebuah zat yang membantu melancarkan aliran darah. Air liur hewan ini dapat dijadikan minyak obat. Minyak lintah sangat baik dan bermanfaat bagi kesehatan karena dapat mengendalikan trombosit, semacam gumpalan darah yang menghambat jalannya aliran darah. Dalam ilmu kedokteran, lintah sering digunakan ketika sedang melakukan operasi saraf-saraf kecil, yang bertujuan agar aliran darah yang tersumbat dapat kembali normal.
Penyakit jantung dan diabetes juga dapat dicegah dengan menggunakan lintah. Dua penyakit tersebut disebabkan karena pola hidup tidak sehat yang menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Banyak terapi yang dilakukan dengan menggunakan lintah, terapi menggunakan hisapan lintah ini terbukti dapat menyembuhkan penyakit kronis dan juga meningkatkan stamina tubuh.


Referensi :

 http://kesehatan.segiempat.com
http://nggihprakoso.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified