Minggu, 24 Juni 2012

Contoh RPP Berkarakter

Rpp Berkarakter SD merupakan format perangkat pembelajaran terbaru yang telah ditetapkan oleh badan standar nasional kementrian pendidikan nasional atau yang biasa kita sebut dengan singkatan BSNP. Sebenarnya apa yang sih yang ada didalam rencana pelaksanaan pembelajaran yang kita susun tersebut? yang kini telah sangat populer dengan sebutan Rpp Berkarakter.

Berikut ini adalah Contoh RPP Berkarakter Eksplorasi, Elaborasi dan Konfirmasi. Semoga bermanfaat :-)


__________________________________________________________________________________

RENCANA PELAKSANAAN PENGAJARAN
Sekolah Dasar Islam Bunga Bangsa


1     1. Identitas
a.       Satuan Pendidikan :  SD Islam Bunga Bangsa
b.      Mata Pelajaran         :  Ilmu Pengetahuan Alam
c.       Kelas / Semester     :  VI/1
d.      Jumlah Pertemuan :  1x pertemuan
e.      Thn. Pelajaran           :  2011/2012

1      2.   Standar Kompetensi      :
     Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya

3. Kompetensi Dasar           : Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan (kaktus, tumbuhan pemakan serangga) dan lingkungan hidupnya

2      4. Indikator
a.      Menyebutkan ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan tertentu
b.      Menjelaskan fungsi ciri khusus yang dimiliki tumbuhan tertentu
c.       Menjelaskan hubungan antara ciri khusus yang dimiliki tumbuhan tertentu dengan lingkungan hidupnya sesuai dengan fungsinya

1      5. Tujuan Pembelajaran
a.       Berdasarkan pengamatan siswa mampu menyebutkan 2 ciri-ciri khusus yang dimiliki kaktus
b.    Berdasarkan pengamatan siswa mampu menyebutkan 2 ciri-ciri khusus yang dimiliki kantong semar
c.       Berdasarkan pengamatan siswa mampu menyebutkan 2 ciri-ciri khusus yang dimiliki venus
d.     Berdasarkan pengamatan siswa mampu menjelaskan fungsi ciri-ciri khusus yang dimiliki kaktus
e. Berdasarkan pengamatan siswa mampu menjelaskan fungsi ciri-ciri khusus yang dimiliki kantong semar
f.        Berdasarkan pengamatan siswa mampu menjelaskan fungsi ciri-ciri khusus yang dimiliki venus
g.      Berdasarkan pengamatan siswa mampu menjelaskan hubungan antara ciri khusus yang dimiliki kaktus dengan lingkungan hidupnya sesuai dengan fungsinya
h.      Berdasarkan pengamatan siswa mampu menjelaskan hubungan antara ciri khusus yang dimiliki kantong semar dengan lingkungan hidupnya sesuai dengan fungsinya
i.        Berdasarkan pengamatan siswa mampu menjelaskan hubungan antara ciri khusus yang dimiliki venus dengan lingkungan hidupnya sesuai dengan fungsinya


1    6.       Materi Ajar
Ciri Khusus
Makhluk Hidup

T
umbuhan kaktus  merupakan jenis tumbuhan yang hidup di daerah kering atau kurang air. Oleh karena itu, kaktus memiliki batang yang banyak mengandung air. Air tersebut berguna untuk cadangan di musim kering. Di samping itu, bentuk daun kaktus pun kecil, seringkali berbentuk duri. Dengan bentuk seperti itu, kaktus dapat mengurangi penguapan air dari dalam tubuh.


Kaktus
Kantong Semar
Apakah kamu pernah melihat tumbuhan yang disebut kantung semar? Tumbuhan ini merupakan tumbuhan khas yang ada di daerah rawa-rawa. Daerah ini memiliki kandungan nitrogen yang sedikit sehingga tidak mencukupi kebutuhan tumbuhan yang hidup di sana. Untuk memenuhi kebutuhannya kantung semar sangat bergantung pada serangga sebagai makanannya karena serangga mengandung banyak nitrogen. Bagaimana tumbuhan kantung semar menangkap serangga? Tumbuhan kantung semar memiliki daun yang berbentuk seperti piala. Dinding daun ini akan mengeluarkan nektar untuk memikat serangga. Serangga yang terpikat oleh nektar akan hinggap pada dinding daun yang licin sehingga tergelincir dan terjatuh ke dalam cairan yang ada di dasar daun. Cairan ini akan menguraikan dan melarutkan serangga yang kemudian akan diserap oleh tubuh kantung semar.
Ada juga tumbuhan pemakan serangga lainnya, yaitu tumbuhan venus. Daun venus berengsel dan berbulu. Daun itu terbuka menunggu serangga datang. Saat serangga menyentuh bulu-bulu peka pada daun, kedua bagian daun akan mengatup dengan cepat. Kemudian, daun akan mencernakan serangga dan menyerap nitrogennya.

Karakter Yang diharapkan :
a. Karakter yang dikembangkan melalui pembiasaan
         Rasa hormat dan perhatian
b. Karakter yang dikembangkan melalui kegiatan pembelajaran
     Disiplin, tanggung jawab, serta ketelitian

1      7.       Alokasi Waktu
        Alokasi waktu yang digunakan dalam pertemuan ini adalah 2X35 menit

2      8.       Metode Pembelajaran
               Model Belajar:
a.       Jigsaw learning

Metode :
b.      Ceramah
c.       Diskusi
d.      Tanya jawab

1       9.       Langkah-Langkah  Pembelajaran
          Terdiri dari 3 langkah :
A.      Kegiatan Awal (10 menit)
a.       Membaca Basmalah dan mengucapkan salam bersama – sama
b.      Guru menanyakan sholat, pamit kepada orangtua dan keadaan kesehatan siswa. Serta tidak lupa menanyakan siswa yang tidak hadir.
c.       Guru menanyakan tentang :
·         Pernahkah kalian melihat mawar?
·         Bagaimana kalian tahu kalau bunga yang dimaksud adalah bunga mawar?
·         Bagaimana ciri-cirinya?
·         Apakah ciri-ciri tersebut mempunyai fungsi?

B.      Kegiatan Inti (45 menit)
a.       Eksplorasi (15 menit)
ó  Guru menjelaskan kegiatan hari ini dan memberikan gambaran materi secara umum (5 menit)
ó  Seluruh anggota kelas dibagi menjadi 10 kelompok.
ó  Setiap orang didalam kelompok mendapatkan materi yang berbeda, yaitu :
-    Kaktus
-    Kantong semar
-    Venus/kejora
ó  Setelah ada tanda dari guru, setiap tim berpencar membentuk kelompok baru sesuai dengan materi yang dibahas dalam waktu yang telah ditentukan
ó  Setelah membahas materi yang dimaksud, siswa kembali ke kelompok asal

b.      ElaborasI (pengembangan)
·     Masing-masing siswa menjelaskan materi yang telah didiskusikan bersama tim ahli pada kelompok asal secara bergiliran
· Guru menunjuk kelompok secara acak untuk menyampaikan materi yang telah didiskusikan dengan tim ahli
·      Guru meluruskan konsep jika terjadi miskonsep

c.       Konfirmasi (15 menit)
ó  Siswa menyimpulkan materi hari ini.

Ciri khusus dan fungsi yang dimiliki oleh kaktus adalah:
batang yang banyak mengandung air, yang berfungsi sebagai cadangan air pada musim kering
memiliki daun yang kecil bahkan terkadang berduri, berfungsi untuk mengurangi penguapan

Ciri khusus dan fungsi yang dimiliki kantong semar adalah :
Tumbuhan kantung semar memiliki daun yang berbentuk seperti piala. Dinding daun ini akan mengeluarkan nektar untuk memikat serangga
Pada dasar daun kantong semar terdapat cairan yang dapat melarutkan serangga yang terjebak agar dapat diserap oleh tubuh kantong semar
Ciri khusus dan fungsi yang dimiliki oleh kaktus adalah:
Tumbuhan venus/kejora akan menutup daunnya dengan cepat bila ada serangga yang hinggap .
Pada daun terdapat cairan yang dapat melarutkan serangga yang terjebak agar dapat diserap oleh tubuh venus/kejora

hubungan antara ciri khusus yang dimiliki kaktus, kantong semar, dan venus  dengan lingkungan adalah untuk menyesuaikan dirinya dengan lingkungannya demi kelangsungan spesiesnya
Tumbuhan pemakan serangga lainnya adalah raflesia Arnoldi

C.      Kegiatan Akhir (15 menit)
·         Siswa mengerjakan soal yang diberikan oleh Guru
·         Guru menyebutkan materi untuk pertemuan yang akan datang
 
1             10.       Penilaian Hasil Belajar
1.1.    Performance

ASPEK PENILAIAN
SKOR
RUBRIK
Percaya diri
3
Jika tidak ragu dan bersuara lantang
2
Jika tidak ragu tetapi bersuara kurang lantang
1
Jika ragu dan bersuara lemah
Kebenaran
3
Jika semua argumen
2
Jika sebagian argumen benar
1
Jika argumen tidak benar
Kerjasama
3
Jika dapat bekerjasama dengan baik
2
Jika dapat bekerjasama dengan cukup baik
1
Jika kurang dapat bekerjasama

NO
NAMA SISWA
ASPEK
SKOR
NILAI
PD
BNR
KJSM
1
Nola
3
3
3
9
(9/9)x 100 = 100
2
Sausan
2
3
2
7
(7/9)  x 100 = 77.87
3
Handy
2
3
3
8
  (8/9) x 100 =  88.88


Tes tertulis

1.       Untuk memikat serangga, dinding daun kantung semar akan mengeluarkan . . . .
2.       Daun kaktus bentuknya seperti duri yang berguna untuk ....
3.       Tumbuhan kantung semar hidup di rawa-rawa yang kekurangan zat ...  , oleh karena itu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sangat bergantung pada . . . .
4.       Selain kantong Semar, tumbuhan yang termasuk pemakan serangga ialah ....
5.       Jelaskan proses penangkapan serangga pada tumbuhan kantong semar!
6.       Jelaskan tujuan makhluk hidup memiliki ciri khusus!
7.       Mengapa kaktus bisa hidup di tempat yang kering?

Jawaban :
 
NO
KUNCI JAWABAN
SKOR
1
Nektar
10
2
Mengurangi penguapan
10
3
Netrogen, serangga yang terperangkap
10
4
Venus
10
5
Tumbuhan kantung semar memiliki daun yang berbentuk seperti piala. Dinding daun ini akan mengeluarkan nektar untuk memikat serangga. Serangga yang terpikat oleh nektar akan hinggap pada dinding daun yang licin sehingga tergelincir dan terjatuh ke dalam cairan yang ada di dasar daun. Cairan ini akan menguraikan dan melarutkan serangga yang kemudian akan diserap oleh tubuh kantung semar.
20
6
Ciri khusus pada makhluk hidup digunakan untuk adaptasi. Makhluk hidup melakukan adaptasi untuk mempertahankan hidup.
20
7
Ketika hujan turun, kaktus menyerap air sebanyak mungkin. Kaktus mempunyai satu akar yang lurus panjang masuk jauh ke dalam tanah. Akar-akar ini mengisap air hujan sebelum air itu menguap. Kemudian, air yang telah terisap disimpan di dalam batangnya yang gemuk. Batang kaktus dilindungi oleh kulit yang tebal untuk mengurangi kehilangan air karena penguapan. Setelah hujan turun, batang kaktus membengkak. Di musim kering, perlahan-lahan batang kaktus mengerut kembali ketika airnya telah terpakai. Kandungan air dalam batang kaktus dapat mencukupi kebutuhan kaktus selama dua tahun musim kering.
20

1          11.       Sumber Bahan Belajar
a.       Alat
* -
b.      Bahan
*kaktus
c.       Sumber
*Buku BSE
*Buku IPA kelas 6 Erlangga
*Student Active Learning

Samarinda,   Juni 2011
Mengetahui                                                                                                       Dibuat oleh
Kepala sekolah                                                                                                  Guru,   


H. Sukri Pawira, S.Ag                                                                                       Susilawati, S.Pd
NIK.                                                                                                                        NIK.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified