Rpp Berkarakter SD
merupakan format perangkat pembelajaran terbaru yang telah ditetapkan
oleh badan standar nasional kementrian pendidikan nasional atau yang
biasa kita sebut dengan singkatan BSNP. Sebenarnya apa yang sih yang ada
didalam rencana pelaksanaan pembelajaran yang kita susun tersebut? yang
kini telah sangat populer dengan sebutan Rpp Berkarakter.
Berikut ini adalah Contoh RPP Berkarakter Eksplorasi, Elaborasi dan Konfirmasi. Semoga bermanfaat :-)
__________________________________________________________________________________
RENCANA PELAKSANAAN PENGAJARAN
Sekolah Dasar Islam Bunga Bangsa
1 1. Identitas
a. Satuan Pendidikan :
SD Islam Bunga Bangsa
b. Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam
c. Kelas / Semester : VI/1
d. Jumlah Pertemuan : 1x pertemuan
e. Thn. Pelajaran :
2011/2012
1 2. Standar Kompetensi :
Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup
dengan lingkungan tempat hidupnya
2 4. Indikator
a.
Menyebutkan
ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan tertentu
b.
Menjelaskan
fungsi ciri khusus yang dimiliki tumbuhan tertentu
c.
Menjelaskan
hubungan antara ciri khusus yang dimiliki tumbuhan tertentu dengan lingkungan
hidupnya sesuai dengan fungsinya
1 5.
Tujuan
Pembelajaran
a. Berdasarkan pengamatan siswa mampu menyebutkan 2 ciri-ciri khusus yang
dimiliki kaktus
b. Berdasarkan pengamatan siswa mampu menyebutkan 2 ciri-ciri khusus yang
dimiliki kantong semar
c. Berdasarkan pengamatan siswa mampu menyebutkan 2 ciri-ciri khusus yang
dimiliki venus
d. Berdasarkan pengamatan siswa mampu menjelaskan fungsi ciri-ciri khusus
yang dimiliki kaktus
e. Berdasarkan pengamatan siswa mampu menjelaskan fungsi ciri-ciri khusus yang
dimiliki kantong semar
f.
Berdasarkan pengamatan siswa mampu menjelaskan fungsi ciri-ciri khusus
yang dimiliki venus
g. Berdasarkan pengamatan siswa mampu menjelaskan hubungan antara ciri
khusus yang dimiliki kaktus dengan lingkungan hidupnya sesuai dengan fungsinya
h. Berdasarkan pengamatan siswa mampu menjelaskan hubungan antara ciri
khusus yang dimiliki kantong semar dengan lingkungan hidupnya sesuai dengan
fungsinya
i.
Berdasarkan pengamatan siswa mampu menjelaskan hubungan antara ciri
khusus yang dimiliki venus dengan lingkungan hidupnya sesuai dengan fungsinya
1 6.
Materi Ajar
Ciri Khusus
Makhluk Hidup
T
|
umbuhan kaktus
merupakan jenis tumbuhan yang hidup di daerah kering atau kurang air.
Oleh karena itu, kaktus memiliki batang
yang banyak mengandung air. Air tersebut berguna untuk cadangan di musim
kering. Di samping itu, bentuk daun kaktus pun kecil, seringkali berbentuk
duri. Dengan bentuk seperti itu, kaktus dapat mengurangi penguapan air dari dalam tubuh.
Kaktus |
Kantong Semar |
Apakah kamu pernah melihat tumbuhan yang disebut kantung
semar? Tumbuhan ini merupakan tumbuhan khas yang ada di daerah rawa-rawa.
Daerah ini memiliki kandungan nitrogen yang sedikit sehingga tidak mencukupi
kebutuhan tumbuhan yang hidup di sana. Untuk memenuhi kebutuhannya kantung
semar sangat bergantung pada serangga sebagai makanannya karena serangga
mengandung banyak nitrogen. Bagaimana tumbuhan kantung semar menangkap
serangga? Tumbuhan kantung semar memiliki daun yang berbentuk seperti piala.
Dinding daun ini akan mengeluarkan nektar
untuk memikat serangga. Serangga
yang terpikat oleh nektar akan hinggap pada dinding daun yang licin sehingga
tergelincir dan terjatuh ke dalam cairan yang ada di dasar daun. Cairan ini akan menguraikan dan melarutkan
serangga yang kemudian akan diserap oleh tubuh kantung semar.
Ada juga tumbuhan pemakan serangga lainnya, yaitu
tumbuhan venus. Daun venus berengsel dan berbulu. Daun itu terbuka menunggu
serangga datang. Saat serangga menyentuh bulu-bulu peka pada daun, kedua bagian
daun akan mengatup dengan cepat. Kemudian, daun akan mencernakan serangga dan
menyerap nitrogennya.
Karakter Yang diharapkan
:
a. Karakter yang dikembangkan melalui pembiasaan
Rasa hormat dan perhatian
b. Karakter yang dikembangkan melalui kegiatan
pembelajaran
Disiplin, tanggung jawab, serta ketelitian
1 7.
Alokasi Waktu
Alokasi
waktu yang digunakan dalam pertemuan ini adalah 2X35 menit
2 8.
Metode Pembelajaran
Model Belajar:
a. Jigsaw learning
Metode :
b. Ceramah
c. Diskusi
d. Tanya jawab
1 9.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Terdiri
dari 3 langkah :
A.
Kegiatan
Awal (10 menit)
a.
Membaca Basmalah dan mengucapkan salam
bersama – sama
b.
Guru menanyakan sholat, pamit kepada orangtua
dan keadaan kesehatan siswa. Serta tidak lupa menanyakan siswa yang
tidak hadir.
c.
Guru menanyakan tentang :
·
Pernahkah kalian melihat mawar?
·
Bagaimana kalian tahu kalau bunga yang
dimaksud adalah bunga mawar?
·
Bagaimana ciri-cirinya?
·
Apakah ciri-ciri tersebut mempunyai fungsi?
B.
Kegiatan
Inti (45 menit)
a. Eksplorasi (15 menit)
ó Guru menjelaskan kegiatan
hari ini dan memberikan gambaran materi secara umum (5 menit)
ó Seluruh anggota kelas
dibagi menjadi 10 kelompok.
ó Setiap orang didalam
kelompok mendapatkan materi yang berbeda, yaitu :
- Kaktus
- Kantong semar
- Venus/kejora
ó Setelah ada tanda dari
guru, setiap tim berpencar membentuk kelompok baru sesuai dengan materi yang dibahas
dalam waktu yang telah ditentukan
ó Setelah membahas materi
yang dimaksud, siswa kembali ke kelompok asal
b. ElaborasI (pengembangan)
· Masing-masing siswa menjelaskan materi yang telah
didiskusikan bersama tim ahli pada kelompok asal secara bergiliran
· Guru menunjuk kelompok secara acak untuk menyampaikan
materi yang telah didiskusikan dengan tim ahli
· Guru meluruskan konsep jika terjadi miskonsep
c. Konfirmasi (15 menit)
ó Siswa menyimpulkan materi hari ini.
Ciri khusus dan fungsi yang dimiliki oleh kaktus adalah:
batang yang banyak mengandung
air, yang berfungsi sebagai cadangan air pada musim kering
memiliki daun yang kecil bahkan
terkadang berduri, berfungsi untuk mengurangi penguapan
|
Ciri khusus dan fungsi yang dimiliki kantong semar
adalah :
Tumbuhan
kantung semar memiliki daun yang berbentuk seperti piala. Dinding daun ini
akan mengeluarkan nektar
untuk memikat serangga
Pada
dasar daun kantong semar terdapat cairan yang dapat melarutkan serangga yang
terjebak agar dapat diserap oleh tubuh kantong semar
|
Ciri khusus dan fungsi yang dimiliki oleh kaktus
adalah:
Tumbuhan
venus/kejora akan menutup daunnya
dengan cepat bila ada serangga yang hinggap .
Pada daun
terdapat cairan yang dapat melarutkan serangga yang terjebak agar dapat
diserap oleh tubuh venus/kejora
|
hubungan antara
ciri khusus yang dimiliki kaktus, kantong semar, dan venus dengan lingkungan adalah untuk
menyesuaikan dirinya dengan lingkungannya demi kelangsungan spesiesnya
|
Tumbuhan pemakan
serangga lainnya adalah raflesia Arnoldi
|
C.
Kegiatan
Akhir (15 menit)
·
Siswa
mengerjakan soal yang diberikan oleh Guru
·
Guru
menyebutkan materi untuk pertemuan yang akan datang
1 10.
Penilaian
Hasil Belajar
1.1.
Performance
ASPEK
PENILAIAN
|
SKOR
|
RUBRIK
|
Percaya
diri
|
3
|
Jika tidak ragu dan bersuara lantang
|
2
|
Jika tidak ragu
tetapi bersuara kurang lantang
|
|
1
|
Jika ragu dan
bersuara lemah
|
|
Kebenaran
|
3
|
Jika semua argumen
|
2
|
Jika sebagian argumen benar
|
|
1
|
Jika argumen tidak benar
|
|
Kerjasama
|
3
|
Jika dapat
bekerjasama dengan baik
|
2
|
Jika dapat bekerjasama
dengan cukup baik
|
|
1
|
Jika kurang
dapat bekerjasama
|
NO
|
NAMA SISWA
|
ASPEK
|
SKOR
|
NILAI
|
||
PD
|
BNR
|
KJSM
|
||||
1
|
Nola
|
3
|
3
|
3
|
9
|
(9/9)x 100 = 100
|
2
|
Sausan
|
2
|
3
|
2
|
7
|
(7/9) x 100 = 77.87
|
3
|
Handy
|
2
|
3
|
3
|
8
|
(8/9) x 100 = 88.88
|
Tes tertulis
1.
Untuk memikat serangga, dinding daun kantung semar akan
mengeluarkan . . . .
2.
Daun kaktus bentuknya seperti duri yang berguna untuk
....
3.
Tumbuhan kantung semar hidup di rawa-rawa yang kekurangan
zat ... , oleh karena itu untuk memenuhi
kebutuhan hidupnya sangat bergantung pada . . . .
4.
Selain kantong Semar, tumbuhan yang termasuk pemakan serangga ialah ....
5.
Jelaskan proses penangkapan serangga pada tumbuhan kantong semar!
6.
Jelaskan tujuan makhluk hidup memiliki ciri khusus!
7.
Mengapa kaktus bisa hidup di tempat yang kering?
Jawaban :
NO
|
KUNCI JAWABAN
|
SKOR
|
1
|
Nektar
|
10
|
2
|
Mengurangi
penguapan
|
10
|
3
|
Netrogen,
serangga yang terperangkap
|
10
|
4
|
Venus
|
10
|
5
|
Tumbuhan
kantung semar memiliki daun yang berbentuk seperti piala. Dinding daun ini
akan mengeluarkan nektar
untuk memikat serangga.
Serangga yang terpikat oleh nektar akan hinggap pada dinding daun yang licin
sehingga tergelincir dan terjatuh ke dalam cairan yang ada di dasar daun. Cairan ini akan menguraikan dan
melarutkan serangga yang kemudian akan diserap oleh tubuh kantung semar.
|
20
|
6
|
Ciri khusus pada
makhluk hidup digunakan untuk adaptasi. Makhluk hidup melakukan adaptasi
untuk mempertahankan hidup.
|
20
|
7
|
Ketika hujan turun,
kaktus menyerap air sebanyak mungkin. Kaktus mempunyai satu akar yang lurus
panjang masuk jauh ke dalam tanah. Akar-akar ini mengisap air hujan sebelum
air itu menguap. Kemudian, air yang telah terisap disimpan di dalam batangnya
yang gemuk. Batang kaktus dilindungi oleh kulit yang tebal untuk mengurangi
kehilangan air karena penguapan. Setelah hujan turun, batang kaktus
membengkak. Di musim kering, perlahan-lahan batang kaktus mengerut kembali
ketika airnya telah terpakai. Kandungan air dalam batang kaktus dapat
mencukupi kebutuhan kaktus selama dua tahun musim kering.
|
20
|
1 11.
Sumber
Bahan Belajar
a. Alat
-
b. Bahan
kaktus
c. Sumber
Buku BSE
Buku IPA kelas 6 Erlangga
Student Active Learning
Samarinda,
Juni 2011
Mengetahui Dibuat
oleh
Kepala sekolah Guru,
H. Sukri Pawira, S.Ag Susilawati,
S.Pd
NIK. NIK.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar