Minggu, 27 Oktober 2013

Hewan Purba di Indonesia

Tulisan terbaik 1
Pada lomba menulis ciri khusus makhluk hidup

















Husniah Hiyami Lutfiah
Kelas 6 Kahayan


Aku sangat suka dengan tumbuhan dan hewan yang ada di Indonesia. Tetapi ada satu hewan yang paling kusuka, yaitu Komodo. Komodo tinggal di sebuah pulau yang nama pulaunya sama dengan namanya. Pulau Komodo, begitulah orang sering menyebutnya. Pulau Komodo yang termasuk ke dalam wilayah provinsi Nusa Tenggara Timur, merupakan salah satu dari 7 Keajaiban dunia.

Komodo berkembangbiak secara ovipar atau bertelur. Komodo termasuk hewan karnivora atau pemakan daging. Ketika ia tidak memiliki makanan, komodo akan memangsa sesamanya (kanibal). Katanya, Komodo termasuk hewan purba yang masih hidup. Kadangkala komodo disebut dengan nama lain yaitu dragon atau naga. Air liur komodo sangat berbahaya karena mengandung kuman dan bakteri yang banyak sekali. Jika komodo meggigit mangsanya dan mangsanya kabur, komodo tidak akan tergesa-gesa mengejarnya. Setelah digigit komodo, lama kelamaan mangsanya akan lemas karena terinfeksi oleh bakteri dan kuman. Nah, pada saat seperti itulah ia akan mengejar dan menyantapnya dengan lahap. Hap! nyam...nyam...nyam... kenyang :-)


Suatu ketika, aku melihat berita di televisi. Disitu diceritakan, salah seorang warga yang sedang membersihkan kuburan di dalam wilayah komodo. Tiba-tiba datang seekor komodo yang besar sekali. Aku yang melihatnya menjadi tegang. Aku takut komodo itu akan menyerang warga tersebut. Tapi kulihat mereka tidak panik sepertiku. Yang mereka lakukan hanya melempar sebuah batu dan naga itupun pergi. Huff! untung saja.

Asal kalian tahu saja, banyak peneliti dan wisatawan yang rela jauh-jauh datang ke pulau Komodo hanya untuk melihat naga raksasa itu. Nanti suatu saat, akupun akan pergi kesana. Nah, Bagaimana dengan kalian?



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified